June 3, 2013

GOOD PRACTICES PNPM MPd PROVINSI SUMATERA UTARA

Keberhasilan-Keberhasilan PNPM MP Infrastruktur dan SPP 2012
Kabupaten LABURA
Ibu Ana (umur 40 Tahun)
Alamat di Kampung Baru Timur Desa SukarameKecamatan Kwaluh Selatan.
Infrastruktur di bangun di Desa Sukarame sepanjang 1000 meter (1 KM).
Sebelumnya: akses jalan menuju Dusun Kampung baru Timur sangat becek dan membuat begitu banyak kesulitan bagi masyarakat baik yang tinggal di Desa Sukarame untuk pergi mengusahai tanah pertanian mereka maupun bagi penduduk Dusun Kampung Baru Timur yang mau pergi menjual hasil pertanian dimana buah sawit sampai busuk akibat tidak terangkut karena jalan tidak mengizinkan sehingga harga buah sawit jadi sangat murah dan merugikan para petani; anak-anak yang mau berangkat ke sekolah sering terhalang karena jalanan becek dan akses untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari bagi keluarga juga sangat sulit.
Sesudah di bangun: Jalanan sudah bisa dilewati dengan naik Sepeda Motor dan juga mobil pick up sehingga penduduk di seluruh desa Sukarame yang menggunakan akses jalan ini untuk ke perkebunan mereka tidak terhalang lagi mengambil hasil-hasil produk pertanian mereka dengan harga yang standar karena sesudah di panen buah sawit bisa langsung diangkut oleh para petani di Desa Sukarame dan langsung di jual kepada pembeli. Tidak hanya penghasilan masyarakat petani yang meningkat dengan adanya jalan yang dibangun oleh PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Sukarame, Kecamatan Kwaluh Selatan tetapi anak-anak yang mau berangkat ke sekolah pun jadi lancar dan tidak terlambat lagi.
Menurut penuturan dari Bpk. Rohim (Umur 54 Tahun) sebagai Kepala Dusun di Kampung Baru bahwa ada sekitar 192 Keluarga sebagai pemanfaat jalan yang telah dibangun oleh PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Sukarame ini. Pak Rohim mengucapkan syukur Alhamdulillah oleh karena terbangunnya jalan ini oleh PNPM MPd dimana dulunya tidak bisa dijalani namun sekarang jadi mudah dijalani. “Bpk. Rohim sebagai Kepala Dusun mengucapkan terima kasih untuk bantuan PNPM MPd. Sebagai Kepala Dusun pak Rohim telah memimpin masyarakat untuk memelihara jalan yang sudah di bangun oleh PNPM MPd di Kampung Baru Timur dengan bergotong royong dimana 1 X 1 minggu serta parit dari jalan tersebut merupakan swadaya masyarakat serta membersihkan parit dan masyarakat juga menyumbangkan dana dan tenaga untuk pemeliharaan jalan tersebut.
Berdasarkan penuturan dari Bpk. Jalaluddin S.Ag (Umur 42 Tahun), sebagai Kepala Desa Sukarame: “Dengan kehadiran PNPM MPd sangat luar biasa manfaatnya untuk: Memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan kalau dibandingkan dengan program lain dari Dana APBD maka PNPM MPd sangat jauh lebih baik keberhasilannya. Minimum 50 % keunggulan hasil kerja dari PNPM MPd kalau dibandingkan dengan program APBD lainnya. Pengharapan Kepada Desa Sukarame, Kecamatan Kwaluh Selatan agar PNPM MPd terus berlanjut dan tidak terputus sampai tahun 2014 dan berkelanjutan.
Ibu Ana berkata: “Saya senang sekali dengan bantuan PNPM MPd yang telah mengubah kehidupan kami yang angat sulit sebelumnya tetapi sekarang kami sudah merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya.” Pengharapan Ibu Ana agar PNPM MPd terus berlanjut untuk membangun masyarakat Perdesaan dan terus meningkat kwalitasnya.




Kelompok Simpan Pinjam [SPP]:
Ibu Desmarni Chaniago (44 Tahun) dengan Suaminya Bpk. Azis Pohan (47 Tahun) berjualan Pakaian Dewasa Pria dan Wanita dan masuk dalam Kelompok Mawar. Keluarga Ibu Desmarni memiliki 4 orang anak; 3 laki-laki dan 1 perempuan dimana dua orang anaknya sudah menikah dan dua orang masih bersekolah di SMA dan SMP. Sebelumnya Keluarga Ibu Desmarni berjualan makanan dengan penghasilan pas-pasan. Ibu Desmarni mulai meminjam dana SPP PNPM MPd pada tahun 2009 dimulai dengan Rp. 5 Juta.
Hasil dari meminjam SPP bergulir dari PNPM MPd dibelanjakan untuk Pakaian Pria dan Wanita Dewasa kemudian Ibu Desmarni dengan suami menyewa sebuah ruangan disebelah rumahnya dan berjualan pakaian tersebut diruangan yang di sewa. Setiap bulan Ibu Desmarni mendapatkan penghasilan sebanyak Rp. 4.400.000,- dan pada waktu bulan puasa Ibu Desmarni dapat menghasilkan omzet penjualan sebanyak Rp. 22.000.000,- dengan keuntungan bersih sebanyak Rp. 10.000.000,-.
Manfaat dari SPP Bergulir PNPM MPd bagi keluarga Desmarni ini meningkatkan perekonomian keluarga Ibu Desmarni dimana hasil dari usaha berjualan pakaian tersebut dapat dipergunakan untuk membiayai sekolah anak-anaknya yang sedang bersekolah di SMA dan SMP. Ibu Desmarni berkata: “Alhamdulillah, sangat terbantu” PNPM MPd telah mengubah kesulitan perekomian keluarga saya karena SPP PNPM MPd tidak ada boroh”.


1 comment:

armanjbi said...

nice info nya pak, kok nggak pernah update lagi..
silahkan mampir di blog kami

http://pnpmpaluta.blogspot.com/
masih belajar ngeblog, mohon bimbingannya..